Panggung Sintesis: Cara Anak Muda Kotabaru Rayakan Kerja-kerja Kesenian lewat Pentas Kolaborasi

BANJARTIMES– Sembilan komunitas seni dari beragam cabang kesenian menggagas sebuah pentas kolaborasi di kawasan Siring Kotabaru, Senin (1/11/2021) malam.

Pentas itu dinamai Panggung Sintesis. Di area Siring Kotabaru yang menghadap ke laut, para pemuda itu menyuguhkan beragam penampilan seni selama dua jam lebih kepada para pengunjung.

“Kegiatan ini sebagai wadah kolaborasi beberapa komunitas seni yang ada di Kotabaru, dan diinisiasi para pemuda dalam menyuguhkan penampilan seni baik itu band, tari, vocal group, teater, puisi dan melukis,” ucap Alfian, selaku panitia Panggung Sintetis kepada banjartimes.com, Senin (1/11/2021).

Kata Alfian, acara ini digagas untuk mengapresiasi kerja-kerja kesenian di Kotabaru. “Adapun jumlah komunitas seni yang dilibatkan ada Lapak Teater, Kolektif Nong, Taman Sastra, Maunya Kreatif, Post Memories, Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS) Kotabaru, Sanggar Seni Yayasan Pusaka Saijaan (SYPS), dan Ekstro Dancer,” ujarnya.

Alfian berharap, kegiatan ini akan terus berkelanjutan di tahun yang akan datang dan mampu menguatkan komunitas seni di Kabupaten Kotabaru.

Rahmat Akbar, panitia Panggung Sitntesis lainnya, mengatakan kegiatan ini dilakukan secara perdana bersama komunitas seni di Kotabaru.

“Kita ingin menunjukkan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa ada kelompok seni yang tumbuh di Kotabaru, jenisnya ada bidang seni tari, lukis, sastra, teater dan musik,” ucap Akbar.

Akbar menjelaskan bahwa makna dari sintesis yaitu perpaduan berbagai hal untuk menjadi kesatuan yang selaras. Diharapkan, lewat acara ini mereka para pelaku seni juga bisa bersatu. “Kami mengaplikasikannya dalam berbagai bentuk kesenian yang ada,” ujarnya.

Akbar menyebut, kondisi dari komunitas seni di Kotabaru terbilang kompak. Mereka telah jauh-jauh hari menginisiasi Kotabaru Panggung Sintetis. “Wujud kesenian yang diharapkan, semoga semua bisa saling bersinergi dalam menggembangkan kesenian yang ada, serta bisa saling bekerja sama terus,” tandasnya. (MRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *